Cara Charge iPhone yang Benar dan Cepat agar Awet

Cara Charge iPhone yang Benar dan Cepat agar Awet
Cara Charge iPhone yang Benar dan Cepat agar Awet serta Mengenal Lebih Jauh Charger USB-C to Lightning iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X
Baterai cepat panas, tidak bertahan lama (boros) dan lambat ketika sedang charge (mengisi daya) ke baterai iPhone adalah beberapa keluhan yang sering dilontarkan oleh pengguna ponsel pintar buatan Apple. Bahkan, beberapa jenis iPhone yang masih belum mendukung port USB terbaru (USB-C) membutuhkan waktu yang cukup lama, berkisar satu hingga tiga jam jika kondisi baterai benar-benar kosong (lowbet).

Jika sudah seperti ini, sebagian dari mereka yang menggunakan iPhone berpikiran baterai iPhone rusak dan memikirkan cara agar bisa charge iPhone dengan cepat. Ini adalah masalah besar bagi Anda yang punya banyak kesibukan di luar rumah (mobilitas tinggi).

Berbeda bagi yang menggunakan iPhone keluaran terbaru seperti iPhone 8, 8 Plus dan iPhone X (iPhone ten) karena sudah dilengkapi dengan wireless charging dan fast-charging (pengisian baterai cepat).

Saat ini, pengguna ponsel Apple terbaru sudah bisa menikmati fitur nge-cas cepat tapi untuk menggunakannya, Anda juga harus mengeluarkan uang untuk membelinya khususnya charge iPhone tanpa kabel itu.

Pada postingan ini, kami sudah merangkum beberapa tips bagaimana cara charge iPhone yang benar dan juga cepat agar baterai iPhone tidak cepat rusak (awet). Selain itu, Anda juga punya alternatif charger iPhone tercepat dan terbaik yang bukan bawaan dari Apple tapi aman dan mampu charge baterai dengan cepat.

8 Tips Charge iPhone dengan Baik dan Benar agar Baterai Awet dan Tidak Cepat Rusak


Sebagai pengguna ponsel pintar, tidak hanya iPhone Anda harus mengetahui bagaimana cara charge smartphone dengan benar agar baterai bisa awet atau tidak cepat rusak. Bukan itu saja, Anda yang aktifitas kesehariannya dengan mobilitas yang cukup tinggi juga memerlukan hal lain, yaitu tips agar charge iPhone dengan cepat tapi tidak merusak komponen baterai tentunya.

Berikut tipsnya.


1. Jangan Gunakan Port USB


Charge iPhone lewat port USB MacBook

Salah satu hal yang paling sering dan banyak kita jumpai, kebanyakan orang memilih menyambungkan iPhone langsung ke komputer saat ingin melakukan pengisian baterai. Cas iPhone di laptop atau dengan menghubungkan langsung ke port USB komputer harus Anda hindari jika ingin baterai iPhone tetap awet atau tidak cepat rusak.

Ini mungkin dianggap paling mudah dan cepat dilakukan karena kita tidak perlu lagi menancapkan kepala charger ke terminal listrik tapi cukup menghubungkan kabel lighting atau kabel data iPhone ke port USB untuk mengisi baterai iPhone. Padahal, nge-charge iPhone di port USB komputer baik itu di Mac atau MacBook tidak baik untuk kesehatan baterai Anda.

Secara umum, charger iPhone asli mengeluarkan output sebesar 5 Volt 1 Ampere. Berbeda ketika Anda cas iPhone di USB laptop atau komputer, output yang dikeluarkan olehnya hanya berkisar 0,5 Ampere saja.

Tak heran, mengisi daya baterai iPhone ketika dicolokkan ke port USB Mac atau MacBook misalnya, waktu yang dibutuhkan lebih lama dibandingkan menggunakan charger iPhone asli dan resmi dari Apple.

Ingat, sebaiknya sambungkan iPhone dengan laptop atau komputer hanya saat Anda ingin transfer data atau sinkronisasi.

2. Gunakan Kabel dan Kepala Charger Sertifikasi MFI


Kabel Data USB Lighting iPhone asli sertifikat MFI

Banyaknya charger iPhone KW atau palsu yang beredar membuat Anda harus ekstra hati-hati ketika ingin mengganti atau membelinya di toko yang bukan Apple Authorized resmi. Apabila Anda memang masih memiliki kepala charger dan hendak membeli kabel data (lighting atau 30-pin), jangan asal beli yang “abal-abal”.

Sebaiknya, gunakan charger dan kabel data iPhone yang asli dan resmi serta telah mendapatkan sertifikasi MFI (Made for iPhone/iPod/iPad). Charger baterai iPhone yang ori atau asli mempunyai output listrik, dengan daya sebesar 5 Watt, tegangan 5 Volt dan arus 1 Ampere.

Cara yang paling mudah untuk menemukan charger iPhone asli dan resmi yang dikeluarkan oleh Apple adalah membelinya di toko resmi Apple. Tapi jika di daerah Anda belum ada Toko Resmi Apple Indonesia sebaiknya cari charger baterai iPhone dari pihak ketiga yang bersertifikat Made for iPod/iPhone/iPad (MFI) seperti dikutip dari laman Apple Support.

Jangan pernah menggunakan aksesoris charger dan kabel data (lighting dan 30-pin) iPhone yang tidak memiliki sertifikat MFI. Tanpa adanya sertifikat itu, bisa dipastikan itu adalah charger baterai iPhone palsu atau KW.

Umumnya, iPhone palsu menggunakan aksesoris KW, baik itu headset (earphone), adapter charger dan kabel data.

3. Pakai Adapter Charger iPad agar Baterai iPhone Cepat Penuh


Power Adapter Charger iPad

Selain menggunakan charger asli atau bawaan iPhone, Anda juga bisa cas baterai iPhone dengan kepala charger iPad. Ini adalah satu tips charge iPhone dengan baik dan benar serta lebih aman dibandingkan nge-charge dengan charger iPhone KW.

Selain itu, cara ini juga terbilang cukup ampuh untuk menghidupkan iPhone kondisi mati dan daya baterai kosong sama sekali dengan cepat. Ini karena output yang dihasilkan lebih besar tapi masih dalam kondisi yang bisa ditoleransi dan tidak merusak baterai ponsel pintar Apple itu.

Jangan sekali-kali menggunakan charger KW atau yang bukan asli dan resmi dari Apple untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti rusaknya charging port iPhone atau merusak komponen di dalam mesin smartphone Apple itu.

Tidak hanya berbahaya bagi perangkatmu tapi juga hal fatal lainnya seperti terkena setrum seperti yang dialami oleh sebagian pengguna charger iPhone palsu.

Saat kamu terburu-buru atau ingin mengisi baterai iPhone dengan cepat, kepala charger iPad yang mengeluarkan daya sebesar 2,1 Ampere bisa menjadi solusinya, dua kali lipat lebih besar daripada charger iPhone.

4. Bersihkan “Charging Port” Sebelum Nge-Charge iPhone


Membersihkan Charging Port iPhone 5s dengan SIM Card Tray

Saat Anda mencoba mengisi daya baterai iPhone dengan charger yang asli dan resmi, yang disertakan ketika membeli iPhone tapi tidak terisi atau tidak muncul indikator dalam pengisian, Anda tidak perlu khawatir. Jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa charger iPhone punyamu itu rusak.

Beberapa kasus yang dialami pengguna iPhone, baterai tidak bisa terisi ketika di-charge karena adanya kotoran yang menempel di bagian dalam charging port. Kotoran tersebut dapat menghambat masuknya arus listrik sekalipun Anda sudah menancapkan charger di terminal listrik.

Untuk itu, pastikan Anda membersihkan terlebih dahulu charging port tersebut untuk menghindari iPhone tidak bisa di-cas dan mempercepat pengisian baterai iPhone.

5. Tutup Semua Aplikasi iPhone Sementara Waktu


Menutup aplikasi yang sedang berjalan di iPhone

Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar, selain membuat konsumsi baterai menjadi boros juga akan membuat Anda harus menunggu lama hingga baterai terisi penuh. Untuk mengetahui aplikasi apa yang sedang berjalan, caranya sangatlah mudah.

Tekan 2x tombol home kemudian tap tanda silang atau geser ke atas untuk menutup aplikasi yang ada, selain iPhone X. Pastikan semua aplikasi yang terbuka Anda hentikan semua.

Sejatinya, saat charge baterai iPhone kita juga harus memanjakannya dengan tidak menggunakannya selama satu atau dua jam. Ini dimaksudkan agar baterai tidak panas ketika di-charge.

6. Jika Kamu Menggunakan Case iPhone, Buka Terlebih Dahulu


Membuka Case iPhone X sebelum di-charge

Jika Anda menggunakan case, hard-case atau aksesoris iPhone sejenisnya untuk melindungi atau meminimalisir kerusakan saat iPhone jatuh maka harus melepasnya terlebih dahulu ketika akan mengisi baterai iPhone.

Case iPhone bisa mengakibatkan sirkulasi udara tidak bekerja dengan baik sehingga menyebabkan iPhone panas. Untuk itu, Anda sebaiknya membuka pelindung iPhone ketika sedang di-charge ataupun saat bermain game agar iPhone berada dalam kondisi suhu kamar atau tidak cepat panas.

Panas yang berlebihan tidak hanya berbahaya pada baterai iPhone tapi juga komponen lain yang ada didalamnya.

7. Charge iPhone dalam Keadaan Mati atau Nyalakan Mode Pesawat


Mengaktifkan mode Pesawat (Airplane Mode) di iPhone

Untuk mengantisipasi sel-sel didalam baterai iPhone cepat rusak, charge dalam kondisi mati atau mengaktifkan mode airplane. Hal ini bertujuan agar tidak timbul panas yang berlebihan.

Selain menutup aplikasi yang berjalan dibelakang layar, aktifkan mode pesawat iPhone juga bisa membuat proses charge iPhone cepat. Ini akan sangat berguna buat Anda yang ingin mengisi baterai iPhone cepat sekalipun belum menggunakan teknologi fast-charging iPhone.

Begitupun jika Anda mematikan iPhone saat mengisi baterai, akan membuat baterai iPhone awet dan tahan lama dibandingkan charge dalam kondisi menyala dan menggunakannya.

8. Jangan Gunakan iPhone ketika Sedang di-Charge


Menggunakan iPhone 5s ketika di-charge

Baterai iPhone yang bekerja seharian butuh juga “istirahat” seperti halnya manusia. Untuk itu, pastikan Anda tidak menggunakannya saat sedang charge baterai iPhone. Ini bertujuan untuk menghindari baterai iPhone cepat panas.

Banyak orang yang punya kebiasaan buruk menggunakan iPhone bermain game online atau live di sosial media saat di-charge. Ini juga termasuk salah satu tips agar baterai iPhone tidak cepat rusak (awet).
Selain 8 (delapan) hal diatas yang harus diperhatikan saat charge iPhone, hal lain yang juga Anda harus lakukan ketika nge-charge iPhone agar terisi lebih cepat adalah menurunkan kecerahan layar dan menonaktifkan paket data internet.

Cara Charge Baterai iPhone Cepat dengan Charger Cepat dan Terbaik


Setelah mengetahui lebih dari 8 cara charge iPhone dengan benar dan benar supaya baterai iPhone awet atau tidak cepat rusak diatas, Anda juga tentunya ingin mengetahui seperti apa sih fast-charging (charge cepat baterai iPhone) yang dihadirkan oleh perusahaan asal Cupertino itu.

Apple sudah menanamkan fitur fast-charging di smartphone terbarunya, tapi ada harga yang harus Anda bayarkan untuk menikmatinya. Seperti apa sih fitur charge iPhone cepat itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

Masih ada banyak orang yang belum mengetahui kelebihan fast-charging yang disematkan di generasi iPhone terbaru itu, baik iPhone 8, iPhone 8 Plus ataupun iPhone X. Jika kamu salah satu orang yang termasuk didalamnya, maka harus membaca artikel ini sampai habis.

Bagaimana Cara Kerja “Fast Charging” di iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X?


Selain membenamkan fitur wireless charging dalam mengisi baterai di ketiga perangkat smartphone terbaru Apple ini, Anda juga dapat menikmati mode Fast Charging sebagaimana yang diungkapkan di laman Compare iPhone.

iPhone 8, 8 Plus, dan X adalah lini iPhone yang mendukung kemampuan fast-charging mengingat baterai yang tertanam diketiga ponsel buatan Apple itu terbilang besar dibandingkan dengan generasi iPhone  sebelumnya.

Dengan kemampuannya, Anda dapat isi daya baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit saja saat iPhone tersebut dalam kondisi tanpa daya sama sekali. Akan tetapi, fitur fast-charging ini tidak disertakan dalam pada charger iPhone asli atau bawaannya.

Charger dan Kabel Data Fast Charging iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X


Untuk men-charge iPhone dengan cepat seperti yang disebutkan diatas, kamu memerlukan charger yang lebih “powerful” dan dengan daya yang lebih dari 5W. Untuk mendapatkannya kamu bisa membeli USB-C Power Adapter asli dari Apple yang punya beberapa varian, antara lain 29W, 61W, dan 87W.

Sebenarnya, ini adalah aksesoris bawaan MacBook keluaran tahun 2016 ukuran 12, 13 dan 15 inci. Ini adalah hal pertama yang harus kamu siapkan jika ingin charge iPhone dengan cepat menggunakan fitur fast-charging ini.
Aksesoris kedua yang harus ada selain adapter USB-C adalah kabel data USB-C to Lightning Cable. Anda tidak dapat menggunakan kabel data USB to Lightning karena tidak lagi berfungsi di port USB-C setelah kita mengganti charger.

Tapi jika kamu suda mempunyai Adapter MacBook 12 keluaran terbaru atau MacBook Pro Touch Bar, tidak lagi perlu membeli USB-C Power Adapter, cukup membeli kabel USB-C to Lightning saja. Jadi, kamu bisa menghemat dana.

Beda halnya jika kamu tidak mempunyai MacBook 12, 13, atau 15 inci yang diproduksi tahun 2016 ke atas, kamu harus mengeluarkan uang sebesar $74. USB-C Power Adapter dengan daya 29W seharga $49 dan kabel data USB-C to Lighting harganya $25.

Sekarang, Anda hanya perlu berkunjung ke laman Apple Store atau mengunjungi Apple Reseller Authorized Indonesia untuk membelinya jika ingin menggunakan fitur fast-charging iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Jika Anda sudah mencoba fitur ini, jangan lupa memberikan komentar di bawah agar pengguna iPhone lainnya juga mengetahui kelebihan fast-charging iPhone tersebut.
Admin
Seorang Blogger yang menggunakan perangkat Apple untuk membantu aktivitas blogging dan kesehariannya.

Logout
Next
This Is The Current Newest Page
Previous
Previous Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool