7 Tips Membeli Laptop MacBook

7 Tips Membeli Laptop MacBook
7 Tips Membeli Laptop MacBook yang Tepat dan Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan
Di era teknologi informasi dan digital saat ini, peranan laptop sangat dirasakan manfaatnya dan sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern. Terlebih bagi mereka yang berstatus sebagai pelajar, karyawan dan pengusaha yang kesehariannya punya mobilitas tinggi.

Komputer portabel adalah solusi yang tepat bagi mereka karena mudah dibawa kemana-mana sehingga dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan dimanapun berada.

Salah satu laptop terbaik yang beredar dipasaran dan banyak diminati saat ini adalah MacBook. Laptop besutan perusahaan asal Cupertino ini terkenal awet, powerfull dengan spesifikasi yang mumpuni.

Selain itu, ada berbagai kelebihan laptop Apple dibandingkan laptop lain seperti mewah, tipis, ringan, elegan, desain, keamanan, bebas virus, daya tahan baterai, nyaman digunakan, dan berbagai keunggulan lainnya.

Tak heran jika masih banyak orang yang mengincar atau membeli laptop Apple bekas di online shop, sosial media ataupun di toko komputer terdekat.

MacBook tidak hanya diperuntukkan bagi kelas menengah keatas tapi juga cocok bagi kalangan mahasiswa, terlebih bagi mereka yang mau membeli laptop Mac untuk keperluan fotografi, blogging, edit video dan foto, programming dan lainnya.

Tak heran jika Anda menemukan banyak orang yang menggunakannya di tempat keramaian, baik itu kafe, sekolah, kampus dan kantor.

Lalu, Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat ingin membeli laptop Apple?

Ini adalah pertanyaan sebagian orang yang kesulitan dalam memilih produk besutan Steve Jobs dalam kondisi baru itu.

Anda termasuk salah satunya? Tidak perlu khawatir, berikut 7 tips membeli laptop MacBook yang tepat dan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Sesuaikan Kebutuhan




Apa alasan Anda memilih dan mau membeli MacBook?

Anda ingin menggunakannya untuk kebutuhan sekolah, kuliah atau kerja?

Kedua pertanyaan diatas harus Anda jawab terlebih dahulu sebelum membeli laptop MacBook.

Memilih produk sesuai kebutuhan memang sangat penting, begitupun ketika mau membeli produk Apple yang sudah terkenal dengan harganya yang mahal agar sesuai dengan harapan dan bisa menekan budget yang ada.

Jika Anda seorang desainer grafis atau fotografer maka butuh laptop MacBook spesifikasi yang lebih bagus dibandingkan mereka yang statusnya sebagai pelajar atau mahasiswa.

Pekerjaan seorang desainer dan fotografi butuh RAM, hard disk, prosesor dan dukungan layar yang lebih bagus untuk membantu proses edeting foto. Spesifikasi yang lebih dari hanya sekedar membuat laporan, nonton video, dengar musik atau browsing.

Begitupun bagi Anda yang selalu bergelut dengan editing video, jangan memilih MacBook dengan RAM kecil, pilihlah MacBook Pro yang minimal RAM 16GB untuk mempercepat ataupun mempermudah saat proses rendering video.

2. Pilih Model yang Tepat



Saat ini, ada banyak model laptop Apple antara lain MacBook, MacBook Pro, MacBook Pro Retina Display, New MacBook, dan MacBook Pro Touch Bar. Semua model tersebut, sudah masuk di pasaran dalam negeri.

Masing-masing model mempunyai spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda, berikut penjelasan singkatnya.

Macbook Pro


Varian MacBook ini diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2006.

Macbook Pro lebih berat dibanding Macbook Air. Laptop ini memiliki 3 pilihan layar yaitu 13 inci, 15 inci dan 17 inci. Dengan ukuran layarnya yang besar, model ini cocok bagi editor video, fotografer, programmer, editor foto dan yang suka nonton video.

MacBook Pro juga sangat cocok bagi kaum profesional yang menginginkan performa kelas berat dan butuh SuperDrive, port Ethernet dan FireWire.

Prosesor, RAM dan media penyimpanan yang dibenamkan di laptop Apple yang satu ini juga tak kalah dari model MacBook lainnya.

Macbook Air


Untuk Anda yang menyukai bobot laptop yang lebih ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana karena bodinya lebih tipis tapi juga powerfull dari MacBook Pro. Cocok memilih varian yang satu ini.

Selain beratnya yang ringan, model MacBook ini juga tersedia dengan ukuran layar yang lebih kecil. Ada 2 pilihan ukuran layar yang tersedia dari 11 inchi hingga 13 inci.

Kapasitas RAM MacBook Air umumnya hanya 4GB saja tapi sudah cukup untuk menunjang keperluan Anda. SuperDrive juga absen di model ini, sehingga Anda harus membeli SuperDrive jika memang perlu.

Media penyimpanan yang ditawarkan juga terbilang kecil dan terbatas, 128GB dan 256GB. Ini juga harus Anda pertimbangkan mengingat harga SSD masih terbilang mahal saat ini.

Macbook Pro Retina


Pada model laptop Apple ini, Anda bisa menikmati tampilan layar yang lebih detail, komposisi warna dan nyaman di mata ketika nonton, editing foto atau rendering video.

Tapi siapkan budget yang lebih, karena harganya dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan MacBook Air dan MacBook Pro.

Tapi berbicara soal performa, MacBook Pro Retina Display ini lebih powerfull dari ketiga MacBook diatas karena kapastias RAM 8GB.

Sayangnya, beberpa hardware seperti SuperDrive, port Ethernet, Firewire seperti halnya MacBook Air tidak disematkan didalamnya.

MacBook Pro Touch Bar


Varian MacBook terbaru dari Apple ini memiliki desain dan teknologi yang terbaru, diantaranya adalah keyboard butterfly dan Touch Bar.

Anda tidak akan lagi menemui logo Apple menyala di belakang layar dan sudah menghilangkan port HDMI dan USB di MacBook Pro Retina Display dengan Touch Bar ini. Apple sudah menggantinya dengan USB-C.

Touch Bar adalah deretan tombol dengan beragam fungsi yang bisa Anda temukan di bagian atas keyboard sebagai pengganti tombol F1 - F12.

3. Budget



Anda yang memilih MacBook Pro harus menyiapkan budget lebih, terlebih jika memutuskan membeli MacBook Pro Retina Display dengan Touch Bar karena model laptop dari Apple ini selalu dibandrol dengan harga tinggi karena spesifikasi dan fitur terbarunya.

Tidak hanya dana pembelian laptop MacBook tapi aksesoris juga harus Anda pikirkan seperti adapter converter, hard disk eksternal, printer, pelindung layar dan beragam piranti pendukung lainnya.

Pastikan Anda tidak salah memilih akesoris MacBook, khususnya printer. Terlebih dahulu, cek ketersedian driver di situs resminya dan dukungannya di komputer potabel Apple.

Berikut beberapa estimasi harga:

MacBook Air: 15 jutaan

MacBook Pro Retina Display: 20 jutaan

MacBook Pro Touch Bar dan Touch ID: 30 jutaan

Untuk mengetahui harga MacBook, New MacBook dan MacBook Pro, Anda bisa mengeceknya secara berkala di toko online atau menghubungi via telepon Apple Authorized Reseller terdekat.

4. Cermati Spesifikasi yang Sesuai



Anda harus mengetahui spesifikasi detail dari produk Apple itu ketika ingin membeli MacBook, mulai dari prosesor, RAM, hard disk, VGA, dan fitur yang ditanam didalamnya.

Saat ini, Apple tidak lagi merilis laptop MacBook dengan RAM yang rendah dan sudah meninggalkan teknologi penyimpanan HDD. Terbukti, keluaran seri terbarunya sudah menggunakan RAM tanam sehingga sangat susah jika ingin upgrade RAM MacBook.

Hal yang sama juga diterapkan pada media penyimpanannya. Anda akan kesulitan ketika mau upgrade storage.

Kapasitas hard disk 128GB tidak cocok bagi Anda yang suka download video, film ataupun menyimpan dokumen lainnya. Disarankan untuk membeli MacBook yang memori penyimpanannya minimal 250GB.

RAM juga harus Anda perhitungkan, membeli MacBook Pro dengan RAM 16GB adalah pilihan yang tepat, khususnya bagi mereka yang profesinya sebagai editor video, fotografer, programmer.

Selain RAM dan hard disk, perhatikan juga prosesornya. Umumnya, MacBook dibekali dengan prosesor tinggi, lihat beberapa spesifikasi MacBook dibawah.

Pilih laptop MacBook dengan prosesor core i5. Jika punya dana lebih, belilah laptop MacBook yang prosesor i7 dengan speed tinggi.

Berikut beberapa contoh spesifikasi MacBook Pro, MacBook Pro Retina Display, dan MacBook Pro Touch Bar dikutip dari laman Support Apple https://support.apple.com.

MacBook Pro 2012 MD101


Prosesor: Intel Core i5 kecepatan 2.5GHz / Intel Core i7 kecepatan 2.9GHz
RAM: 4GB DDR3 1600 / 8GB DDR3 1600
Hard disk: 500GB 5400-rpm / 750GB 5400-rpm
VGA: Intel HD 4000
Layar: 13 inci

MacBook Pro Retina 2015 MF839


Prosesor: Intel Core i5 kecepatan 2.7GHz / Intel Core i5 kecepatan 2.9GHz
RAM: 8GB LPDDR3 1866
Hard disk: Flash drive 128GB / 256GB
VGA: Intel Iris 6100
Layar: 13 inci Retina

MacBook Pro 2016 Touch Bar


Prosesor: Intel Core i7 kecepatan 2.6GHz / Intel Core i7 kecepatan 2.7GHz
RAM: 16GB LPDDR3 2133
Hard disk: SSD 256GB / 512GB
VGA: ATI Radeon Pro 455
Layar: 15 inci Retina

MacBook Pro 2017 Touch Bar


RAM: 16GB LPDDR3 2133
Hard disk: SSD 256GB / 512GB
VGA: ATI Radeon Pro 555
Layar: 15 inci Retina

MacBook Pro 2018 Touch Bar


Prosesor: Intel Core i7 6-core kecepatan 2.2GHz / Intel Core i7 6-core kecepatan 2.6GHz
RAM: 16GB DDR4 2400
Hard disk: SSD 256GB / 512GB
VGA: ATI Radeon Pro 555X
Layar: 15 inci Retina

5. Ukuran Layar



Ada beberapa jenis ukuran layar laptop Apple yang ditawarkan, mulai dari 11 inci, 12 inci, 13 inci dan 15 inci. Hal ini yang juga harus diperhatikan sebelum membeli.

Anda yang senang dengan ukuran layar yang lebih kecil, cocok memilih MacBook Air karena ukuran layar 11 inci hingga 12 inci bisa ditemukan di model ini.

Sementara ukuran layar yang lebih besar hanya dapat ditemukan di model MacBook Pro, baik itu MacBook Pro Non-Retina, MacBook Pro Retina Display dan MacBook Pro Touchbar dengan pilihan ukuran layar mulai dari 13 inchi hingga 17 inci.

MacBook Pro 13 inci adalah salah satu pilihan tepat bagi Anda yang seringkali bekerja dengan mobilitas tinggi. Tapi jika Anda membutuhkan ukuran layar yang lebih besar lagi dan tetap menunjang pekerjaan, beli yang ukuran layarnya 15 inci.

Selain tampilan layar yang sedikit lebih besar juga memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan MacBook Pro 13 inci.

Ukuran layar yang lebih dari 17 inci hanya bisa Anda temukan di komputer desktop Apple seperti Mac Mini, iMac, Mac Pro, dan iMac Pro.

6. Garansi



Ada banyak pertanyaan yang sering dilontarkan oleh sebagian orang yang akan membeli produk Apple satu ini. Salah satunya adalah membeli MacBook baru atau bekas.

Ada banyak perbedaan, keuntungan dan kerugian dari keduanya.

Garansi adalah salah satunya.

Besar kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan garansi resmi dari Apple jika membeli MacBook bekas. Tapi ada juga beberapa penjual yang menawarkan laptop Apple bekas yang garansinya belum kadaluarsa.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan garansi resmi dari Apple dalam jangka waktu lama maka harus membeli kondisi baru. Selain itu, Anda juga dapat menambah garansi laptop Apple dengan membeli layanan AppleCare Protection Plan (APP) jika punya dana lebih.

Dengan begitu, ada dua garansi yang Anda dapatkan. Yang pertama, garansi resmi Apple dari reseller selama 12 bulan (1 tahun) sejak tanggal pembelian dan tambahan garansi ACPP.

Tambahan esktra garansi tersebut akan membuat Anda leluasa klaim garansi MacBook ketika terjadi masalah yang tidak diinginkan.

7. Beli MacBook di Toko Resmi Apple



Saat Anda memutuskan membeli komputer portabel perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu, jangan asal memilih toko baik itu toko online atau yang mempunyai gerai di daerah Anda.

Cari tahu toko yang sudah diberi sertifikasi oleh Apple, minimal sebagai Apple Authorized Reseller. Toko tersebut sangat mudah ditemukan, apalagi jika Anda berada di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Bali, Balikpapan, Pontianak dan kota lainnya.

Dengan membeli MacBook di toko resmi Apple Indonesia, Anda akan dengan mudah mengklaim garansi jika terjadi kerusakan.

Membeli MacBook bekas tidak ada bedanya dengan kondisi yang baru karena ada banyak hal penting yang harus dicermati.

Sangat disayangkan jika sudah membelinya tapi tidak sesuai dengan harapan Anda. Untuk itu, ketujuh tips membeli MacBook diatas harus dipahami agar tepat dan meminimalkan budget Anda.

Punya saran yang lain?

Silahkan berikan komentar Anda pada kolom yang tersedia dibawah.
Admin
Seorang Blogger yang menggunakan perangkat Apple untuk membantu aktivitas blogging dan kesehariannya.

Logout
Next
This Is The Current Newest Page
Previous
Previous Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool