7 Cara Mudah Reset iPhone ke Pengaturan Awal

7 Cara Mudah Reset iPhone ke Pengaturan Awal
Reset iPhone
Mengatur ulang perangkat iOS kembali ke pengaturan awal pabrik adalah salah satu pilihan tepat jika Anda ingin mengembalikan konfigurasi iPhone, layaknya seperti saat beli iPhone baru dengan set up mulai dari awal lagi. Langkah ini juga harus Anda lakukan jika mau menjual iPhone.

Atau mungkin mau memberikannya atau tukar tambah iPhone dengan teman, maka pastikan sudah mereset sebagaimana yang dianjurkan di laman Apple Support.

Bukan hanya itu saja, reset iPhone juga adalah cara mengatasi perangkat ketika bermasalah pada sistem operasinya, iOS. iPhone sering hang, lemot, lupa passcode atau password, aplikasi sering forced closed sendiri atau mungkin ada beberapa aplikasi iPhone tidak bisa dihapus.

Mereka yang baru saja membeli iPhone bekas, juga disarankan mengembalikan iPhone ke pengaturan awal. Setelah reset iPhone, perangkat akan restart dan Anda akan diminta melakukan pengaturan perangkat iOS dari awal lagi.

Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan, set up sebagai perangkat baru atau restore iPhone via iTunes menggunakan file backup.

Dengan mereset iPhone, semua data dan pengaturan akan terhapus termasuk foto, video, catatan, dan data aplikasi.

Jika Anda memiliki iPhone dan tidak tahu cara meresetnya, tidak perlu khawatir. Berikut 7 cara mudah reset iPhone ke pengaturan awal untuk semua seri atau model.

1. Backup iPhone agar Data Tidak Hilang



Agar semua data tidak terhapus sebelum mereset iPhone, Anda harus membackupnya terlebih dahulu. Semua data akan hilang setelah iPhone dikembalikan ke pengaturan awal, seperti baru lagi.

Takut data iPhone hilang setelah reset?

Baiknya backup semua data dulu sebelum melanjutkan reset iPhone.
Ada 2 cara backup data iPhone yang bisa dilakukan yaitu backup iPhone dengan iTunes atau backup ke iCloud sehingga Anda bisa mengembalikan data iPhone yang terhapus sesudah mereset.
backup data iPhone

Sangat berbeda dibandingkan perangkat Android, cukup copy paste file.

Setelah berhasil membackup, Anda bisa mengembalikan data iPhone yang terhapus setelah mereset iPhone termasuk konfigurasi lainnya dengan restore.

2. Persiapan


charge iPhone

Sebelum memulai proses reset, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan agar tidak terkendala ketika mereset iPhone. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.
  • Siapkan charger.
  • Pastikan daya baterai cukup atau terisi penuh agar iPhone. Jika kondisi baterai memang dalam keadaan low, charge iPhone terlebih dahulu.
  • Koneksi internet yang stabil dan cepat agar proses resetnya tidak berjalan lambat saat verifikasi ID Apple dan sinkronisasi data ke server.

3. Pilih Settings


menu reset iPhone

Nyalakan iPhone kemudian tap Setting - General - Reset. Pada menu ini, akan terlihat beberapa pilihan reset.

4. Tentukan Metode Reset


pilihan menu reset iPhone

Setelah masuk ke menu Reset, ada 6 pilihan reset yang dapat Anda pilih yaitu Reset All Settings, Erase All Content and Settings, Reset Network Settings, Reset Keyboard Dictionary, Reset Home Screen Layout dan Reset Location & Privacy.

Untuk mereset iPhone secara keseluruhan adalah memilih opsi kedua dari atas yaitu reset semua konten dan setting. Pilihan ini akan membuat iPhone nantinya setelah restart dan selesai direset tampilannya sama saat pertama kali unboxing.

5. Verifikasi Passcode dan Password ID Apple


passcode iPhone

Setelah memilih opsi reset diatas tadi, akan muncul konfirmasi yang meminta Anda untuk memasukkan kombinasi angka (passcode).

Masukkan passcode iPhone Anda untuk melanjutkan lalu pilih Erase iPhone.

Password Apple ID

Selanjutnya, akan muncul jendela baru yang mengharuskan Anda mengisi password ID Apple. Masukkan password Apple ID kemudian pilih Erase.

6. Tunggu Proses Reboot dan Reset Selesai


reboot iPhone

Jika Anda memasukkan passcode dan Apple ID dengan benar, reset iPhone akan dimulai dan tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

7. Setup iPhone


set up iPhone

Ini adalah hal terkahir yang Anda harus lakukan, yang ditandi dengan munculnya tulisan Hello. Setup iPhone seperti halnya ketika membeli iPhone atau produk Apple baru lainnya.

Setting WiFI, region, bahasa, Apple ID, passcode, Touch ID jika ada dan konfigurasi lainnya.

Pada langkah terakhir dari proses setup ini, akan muncul beberapa pilihan antara lain Restore from iCloud Backup, Restore from iTunes Backup, Set Up as New iPhone dan Move Data from Android.

Jika Anda ingin tampilan dan konfigurasi seperti iPhone baru, pilih Set Up as New iPhone.

Penutup


Demikianlah 7 cara mudah mereset iPhone ke pengaturan awal seperti baru lagi, langkah-langkahnya sangat mudah bukan?

Petunjuk diatas hampir sama saja untuk semua model, termasuk untuk produk iPhone terbaru sekalipun dibandrol harga iPhone X tinggi.

Biasanya, reset iPhone dilakukan jika mau membuka iPhone yang terkunci karena lupa password, ingin menjual atau memberikannya ke orang lain sehingga privasi dan keamanan data Anda terjaga serta dapat mengatasi permasalahan iOS yang menghampiri.
Admin
Seorang Blogger yang menggunakan perangkat Apple untuk membantu aktivitas blogging dan kesehariannya.

Logout
Next
This Is The Current Newest Page
Previous
Previous Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool