-->

7 Cara Mudah Mengatasi iPhone Restart Sendiri Terus-menerus

7 Cara Mudah Mengatasi iPhone Restart Sendiri Terus-menerus
iPhone Booting Logo Apple

Postingan ini terinspirasi dari kerusakan iPhone yang dialami oleh rekan kerja saya.

iPhone milik teman saya, tiba-tiba mati dan ketika dinyalakan, hanya muncul logo Apple kemudian restart sendiri secara terus menerus. Padahal saat di-charge, daya baterai sudah terisi penuh dan ketika dinyalakan, tidak bisa masuk ke menu utama.

Memang, ponsel besutan perusahaan Cupertino ini terbilang sangat canggih dan ada banyak nilai lebih iPhone dibandingkan smartphone Android lainnya tapi tidak berarti iPhone tidak bisa rusak.

Ini sudah terbukti bagi mereka yang pecinta smartphone Apple. Dari sejarah perkembangan iPhone, Apple selalu membenamkan teknologi yang lebih baru dan selangkah lebih maju dari ponsel lainnya.

Cara Mudah Mengatasi iPhone Restart Sendiri Terus-menerus

Bagi Anda yang mengalami keluhan yang sama, tidak perlu panik. Ketahui terlebih dahulu, apa penyebab iPhone tiba-tiba restart terus-menerus atau loading terus kemudian mencoba beberapa cara mengatasinya berikut ini.

1. Reset Pengaturan

Sama seperti perangkat elektronik pada umumnya, iPhone dengan pengaturan tidak sesuai bisa menyebabkan masalah, termasuk restart terus-menerus.

Tangan jahil atau tidak sengaja, jika dipakai oleh anak kecil bisa mengakibatkan pengaturan jadi kacau seperti masalah iPhone dinon-aktifkan yang pernah diposting di blog ini.

Untuk mengembalikan ke pengaturan semula, bawaan pabrikan. Caranya cukup mudah.

Anda hanya perlu reset semua settingan iPhone di menu Settings (Pengaturan). Tapi sebelum itu, pastikan untuk backup data iPhone terlebih dahulu agar data tidak ada yang hilang.

Tanpa mencadangkan data iPhone, semua data seperti pesan, chat WhatsApp, musik, foto, vidio dan lainnya akan terhapus otomatis.

Berikut cara reset iPhone ke pengaturan pabrik:

  1. Pilih Settings - General
  2. Scroll ke bawah lalu pilih Reset - Reset All Settings

Tunggu beberapa saat, iPhone akan restart otomatis.

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai cara reset iPhone, bisa Anda baca dipostingan sebelumnya reset iPhone ke pengaturan awal atau bisa juda berkunjung ke halaman support Apple disini.

2. Cek Kesehatan Baterai

iPhone sudah memiliki fitur untuk mengecek kondisi baterai iPhone secara otomatis sehingga dengan mudah mengetahui apakah masih bagus atau tidak.

Apakah baterai sudah rusak, harus ganti atau servis tanpa menunggu sampai baterai kembung.

Sumber daya iPhone terletak di baterai seperti smartphone lainnya. Baterai iPhone rusak akan mengakibatkan kerusakan seperti tiba-tiba restart-restart, loading terus-menerus hingga merusak mesin (logic board) jika tidak segera diganti.

Lalu, yang jadi pertanyaan, kesehatan baterai iPhone yang bagus berapa persen?

Jawabnya, 100%.

Bukan berarti kesehatan baterai iPhone 90%, 80%, 70% atau dibawahnya diharuskan mengganti baterai. Anda masih bisa menggunakannya dan daya tahannya masih terbilang bagus.

Tapi semakin sering kita charging baterai, akan membuat kesehatan baterai cepat menurun seperti halnya siklus pengisian baterai MacBook.

Jika kesehatan baterai iPhone turun secara drastis, atau berstatus servis (service) maka bersegeralah ke tempat servis iPhone terdekat untuk menggantinya untuk menghindari iPhone restart sendiri.

3. Selalu Pakai Kabel dan Charger Asli

Penggunaan kabel data dan charger iPhone yang tidak direkomendasikan atau KW bisa juga membuat iPhone Anda cepat rusak. Ini karena bahan yang digunakan aksesoris bukan resmi dari Apple tidak sesuai standarisasi sehingga bisa menyebabkan kelebihan arus atau tegangan.

Untuk itu, gunakan aksesoris asli atau yang sertifikasi MFI (Made for iPhone) dan mengetahui bagaimana cara charge iPhone yang benar .

Aksesoris iPhone sertifikasi MFI bisa Anda temukan di toko iPhone terdekat atau belanja di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee atau toko online terpercaya lainnya.

4. Ganti Baterai

Membawa ke tempat servis terdekat untuk mengecek kerusakan iPhone adalah solusi terbaik tapi ada juga beberapa pengguna iPhone yang mengalami masalah restart sendiri mencoba mencari pemecahannya sendiri.

Membeli baterai iPhone di toko online kemudian mencoba mengganti baterai iPhone sendiri.

Tapi sangat dianjurkan untuk tidak menggantinya sendiri. Sekalipun biaya pergantian baterai terbilang mudah jika dikerjakan sendiri, Anda juga harus mempertimbangkan resiko.

Baterai iPhone bisa meledak jika proses pembongkarannya tidak benar. Anda harus berhati-hati ketika akan melepas baterai yang lama dan memasang baterai baru iPhone.

Pastikan segera mungkin mengganti baterai jika kesehatan baterainya sudah turun drastis, sudah mulai kembung dan cepat low-bat.

5. Bugs iOS

Sistem operasi iPhone (iOS) juga bisa menyebabkan iPhone restart sendiri secara terus-menerus. Adanya error saat ada pembaharuan iOS atau ketika Apple merilis versi iOS terbaru bisa mempengaruhi kinerja mesin iPhone.

Untuk mengatasi bugs iOS ini, biasanya Apple akan merilis patch atau update terbaru dan membagikannya ke pengguna iPhone. Biasanya akan muncul pemberitahuan di menu Software Update.

Disana, Anda juga bisa membaca lebih detail mengenai pembaharuan apa saja yang diberikan.

Jangan pernah mengabaikan notifikasi update iOS di iPhone saat melihatnya tapi segera unduh dan instal di iPhone Anda untuk memperbaharui sistemnya.

Sebelum mengunduh, backup iPhone terlebih dahulu dan pastikan juga daya baterai iPhone diatas 50% serta koneksi internet stabil agar proses pengunduhan berjalan dengan lancar.

6. Servis Mesin iPhone

Selain iPhone mati total, adanya masalah pada logic board (mesin) bisa mempengaruhi kinerjanya seperti restart sendiri. Anda hanya bisa mengetahuinya jika mempunyai alat yang mumpuni seperti teknisi iPhone.

Jika sudah mencoba beberapa cara diatas seperti mengganti baterai, update iOS atau kondisi health battery aman, iPhone tetap juga masih restart sendiri maka segera bawa ke tempat perbaikan iPhone.

Berapa sih biaya atau tarif jasa perbaikan iPhone untuk kerusakan ini?

Biaya servis mesin iPhone bervariatif, tergantung dimana Anda memperbaiki mulai dari 750 ribu hingga 2 juta rupiah.

Di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Padang dan kota lainnya sudah banyak menjamur tempat service iPhone. Anda juga bisa dengan mudah menemukannya menggunakan Google.

Cukup ketikkan “tempat service iPhone terdekat”.

7. Hindari JailBreak

Mengutak-atik sistem iOS memang memudahkan kita menginstal aplikasi berbayar secara gratis di iPhone. Tapi efeknya, perangkat rentan terkena virus.

Sistem iOS dimodifikasi menggunakan aplikasi jailbreak, ini juga bisa memicu terjadinya iPhone restart sendiri secara terus-menerus.

Sebaiknya hindari jailbreak, karena selain merusak sistem operasi iPhone, garansi resmi iPhone akan otomatis terhapus.

Itulah beberapa penyebab dan bagaimana cara mengatasi iPhone yang restart sendiri terus-menerus. Dengan begitu, bisa mengantisipasi sebelum terjadi kerusakan pada perangkat Anda.

Memang, kelebihan iPhone lebih banyak dari smartphone mahal lainnya tapi Anda harus mengetahui cara merawat dan memakainya dengan benar. Karena jika iPhone rusak, tak sedikit uang yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya.

Untuk kerusakan iPhone seperti bootloop atau stuck di logo Apple, bisa mencoba cara ini.

Admin
Seorang Blogger yang menggunakan perangkat Apple untuk membantu aktivitas blogging dan kesehariannya.

Logout
Next
This Is The Current Newest Page
Previous
Previous Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool